Diet dan Nutrisi

Hipertensi Paru – Diet dan Nutrisi

Panduan umum untuk diet dan nutrisi pada pasien hipertensi paru :

  • Diet rendah garam dan sodium (bila bengkak air parah, maka Dokter Anda akan menyarankan diet rendah sodium, karena diet rendah garam tidak berarti rendah sodium)

beberapa tips untuk diet rendah garam :

-jangan menambahkan garam pada saat memasak, biarkan anggota keluarga Anda yang lain menambahkan garam pada porsi masakan mereka setelah matang (atau pisahkan porsi Anda dengan anggota keluarga yang lain) sehingga Anda dapat menambahkan garam sedikit saja pada porsi Anda

 

-kurangi perlahan, lidah Anda akan menyesuaikan diri dan tanpa Anda sadari Anda akan terbiasa dengan makanan rendah garam
-tidak mengkonsumsi makanan jadian/instant seperti snacks dan camilan lainnya (snacks sangat tinggi garam)

 

-mengurangi membeli makanan siap saji/makan di luar karena Anda tidak dapat mengkontrol kadar garamnya

 

-untuk menambah cita rasa pada makanan Anda, gantikan garam dengan merica, bawang putih, dll

 

  • Minum air secukupnya
Terlalu banyak konsumsi air bisa menyebabkan kerja jantung Anda berat dan Anda bisa mengalami bengkak air edema pada perut dan kaki. Karena itu sebaiknya mengkonsumsi secukupnya saja, misalnya 1,5-2 liter/hari.

 

Penambahan berat badan beberapa kilogram secara tiba-tiba adalah pertanda terjadinya bengkak air/edema yang memerlukan perhatian Anda.

 

  • Suplemen/herbal/pengobatan alternatif
Sebaiknya Anda mengkonsultasikan setiap suplemen yang akan Anda minum sebelumnya dengan dokter Anda.karena suplemen/herbal/alternatif apapun juga memiliki efek tertentu dan bisa jadi berinteraksi negatif dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi atau justru memperburuk hipertensi pulmonal Anda.

 

Jangan pernah menghentikan obat-obatan Anda karena anjuran dari pengobatan alternatif manapun juga, sangat berbahaya! Selalu konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Leave a Reply